Aksi nyata – Pengelolaan program yang berdampak pada murid
Ali Usman, CGP Angkatan 2, Kabupaten Brebes
Peringatan Maulid Nabi
Muhammad SAW
dan Santunan Anak Yatim
Deskripsi aksi nyata
Latar belakang
Momentum bulan Rabiul Awal
dalam penanggalan Hijriyah merupakan saat yang tepat untuk mengenalkan kepada
murid tentang sejarah dan keteladanan Nabi Muhammad SAW. Berbagai cara dapat
dilakukan, diantaranya adalah dengan pembacaan sejarah Nabi Muhammad SAW yang
terangkum dalam bacaan kitab Maulid Al-Barzanji melalui pengkajian oleh orang
yang kompeten. Untuk keperluan ini, SDN Rengaspendawa 02 menghadirkan tokoh
masyarakat setempat yang merupakan dai sekaligus salah satu pengurus Aswaja
Center Kabupaten Brebes.
Sejarah Nabi Muhamamd SAW
perlu dikenalkan kepada murid sejak dini, dalam rangka menumbuhkan keyakinan
pada sosok teladan dan panutan umat yang memiliki akhlak yang mulia. Apalagi
kecendurang sekarang ini, orang-orang telah banyak yang keliru dalam menjadikan
sosok idola. Yang tak jarang, karena kekeliruannya dalam memilih idola itu,
banyak yang terjerumus dalam perilaku yang bertolak belakang dengan ajaran
agama.
Oleh karena itu, peringatan
maulid Nabi Muhammad SAW merupakan bagian dari pendidikan karakter. Apalagi,
dalam kegiatan ini juga anak dilibatkan langsung dalam mengisi acara, mulai
dari pembacaan Ayat Alquran, pembacaan shalawat, dan pembacaan kitab maulid
Albarzanji yang juga menyertakan wali murid.
Apa yang dilakukan pada aksi nyata, berikut alasan mengapa melakukan
aksi tersebut?
Program yang dilakukan
adalah pendidikan karakter melalui ceramah keagamaan dalam tajuk Tabligh Akbar
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan memanfaatkan aset modal manusia yang
ada di sekitar sekolah, yakni wali murid dan tokoh masyarakat.
Disamping itu, dalam
kegiatan ini juga menyertakan santunan untuk murid yatim. Dana yang digunakan
diperoleh dari kontribusi guru yang dikumpulkan selama satu tahun. Hal ini
menjadi pembelajaran bagi murid untuk memiliki sikap kasih sayang kepada
sesama.
Hasil dari aksi nyata yang dilakukan
Adapun yang dihasilkan dari
aksi nyata ini adalah terbinanya hubungan baik antara sekolah dengan wali murid
dan tokoh masyarakat. Sehingga dalam kedepannya antara sekolah dan masyarakat
sekitarnya dapat menghasilkan program-program susulan yang memiliki dampak
lebih luas kepada murid.
Dari sisi murid, hasil dari
aksi nyata ini adalah pembelajaran karakter. Pada kegiatan ini murid secara
aktif mendengarkan dan menyimak serta meresume materi yang disampaikan oleh
nara sumber. Murid juga diharapkan mampu mengimplementasikan pengetahuan yang
didapatnya dalam praktek pergaulan di sekolah dan di rumah.
Perasaan (feelings)
Perasaan ketika atau setelah menjalankan aksi nyata
Perasaan saya sangat
senang. Karena pada dua tahun sebelumnya sekolah kami tidak dapat
menyelenggarakan kegiatan ini. Sedangkan pada tahun ini kami dapat
melaksanakannya kembali, dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya.
Pembelajaran (findings)
Pembelajaran yang didapatkan dari pelaksanaan keseluruhan aksi baik dari
kegagalan maupun keberhasilan)
Pelaksanaan peringatan
maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kalo
pada tahun sebelumnya, kegiatan dihandel oleh guru mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam. Sedangkan pada pengalaman tahun ini, kegiatan dapat dilaksanakan
dengan melibatkan banyak pihak. Guru sebagai pengarah, murid dan wali murid
sebagai pengisi acara, serta tokoh masyarakat sebagai nara sumber.
Penerapan kedepan (future)
Rencana perbaikan untuk pelaksanaan di masa mendatang
Dari pengalaman kegiatan
peringatan maulid Nabi Muhammad SAW pda tahun ini, maka untuk kegiatan serupa
pada masa mendatang perlu persiapan yang lebih matang. Utamanya pada peran
murid sebagai pengisi acara agar lebih memiliki kesiapan yang lebih matang,
sehingga dapat lebih baik dalam membawakan acara.
Tata ruang juga perlu
diatur sedemikian rupa sehingga dapat mencegah murid untuk bermain-main dan bergurau
sehingga dapat lebih fokus dalam mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir.
Lampiran foto-foto kegiatan pelaksanaan program
Tidak ada komentar:
Posting Komentar